Sekertariat

  • Thursday, 02 October 2014

PERATURAN BUPATI KEPULAUAN ANAMBAS NOMOR 32 TAHUN 2011 TENTANG URAIAN TUGAS DAN FUNGSI SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA DINAS DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris dan mempunyai tugas memimpin, merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan operasional administrasi umum, keuangan dan kepegawaian serta pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan.

Sekretariat mengkoordinir kegiatan bidang-bidang.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi :

  • penyusunan program dan petunjuk teknis penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian , penyusunan program, dan keuangan;
  • perencanaan operasional kegiatan administrasi umum dan kepegawaian ,penyusunan program, dan keuangan;
  • pengendalian dan pembinaan administrasi umum dan kepegawaian , penyusunan program, dan keuangan;
  • pengkoordinasian penyusunan program dan laporan bidang-bidang;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Sekretariat membawahi :

  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Sub Bagian Penyusunan Program;
  • Sub Bagian Keuangan.

Sekretariat dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada Pasal 613, mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • merumuskan rencana kerja sekretariat sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • merumuskan sasaran yang hendak dicapai berdasarkan skala prioritas dan dana yang tersedia sebagai dasar pelaksanaan tugas;
  • menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  • menghimpun bahan-bahan LPJPD dan RPJMD sesuai bidang tugasnya;
  • menghimpun bahan-bahan LPPD tahunan dan LPPD lima tahunan Dinas Komunikasi dan Informatika pada masing-masing bidang sebagai bahan penyusunan LPPD tahunan dan LPPD lima tahunan Kabupaten;
  • menghimpun bahan-bahan LKPJ akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati;
  • menyusun program dan petunjuk teknis penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian, penyusunan program, dan keuangan;
  • menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas administrasi umum dan kepegawaian, penyusunan program, dan keuangan;
  • mengkoordinasikan semua bidang dalam rangka menghimpun perencanaan kegiatan, evaluasi dan menganalisa data serta laporan hasil kegiatan;
  • mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan administrasi umum dan kepegawaian , penyusunan program, dan keuangan;
  • memberikan saran dan pertimbangan teknis administrasi umum dan kepegawaian, penyusunan program, dan keuangan kepada atasan;
  • menyusun laporan administrasi umum dan kepegawaian, penyusunan program, dan keuangan sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;
  • membagi tugas dan mendelegasikan kewenangan kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membimbing atau memberikan petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  • menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengontrol urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran pada Dinas Komunikasi dan Informatika.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  • perencanaan kegiatan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran;
  • pelaksanaan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran;
  • pembagian pelaksanaan tugas urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala, mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran Dinas;
  • melaksanakan ketatawarkatan Dinas meliputi pengaturan pengelolaan surat masuk surat keluar dan pengaturan pencatatan jadwal kegiatan dinas dalam rangka kelancaran tugas;
  • menyiapkan bahan kegiatan kehumasan Dinas;
  • menganalisis rencana kebutuhan perlengkapan dan keperluan alat tulis kantor (ATK), kebutuhan perlengkapan, ATK, perbekalan serta ruang Dinas;
  • menyusun Rencana Kebutuhan Barang Dinas;
  • menyusun Rencana Kebutuhan Pemeliharaan Barang Dinas;
  • melaksanakan penyusunan Daftar Kebutuhan Barang lingkup Dinas;
  • melaksanakan pengadaan perlengkapan, perbekalan, pemeliharaan atau penataan gedung kantor dan keperluan alat tulis kantor (ATK) Dinas;
  • melaksanakan penyusunan Daftar Barang Dinas menurut pengolongan dan kodifikasi barang;
  • melaksanakan pencatatan barang milik daerah dalam Kartu Inventaris Barang A, B, C, D, E dan F;
  • melaksanakan dokumentasi kepemilikan barang selain kendaraan, tanah dan bangunan;
  • melaksanakan penyiapan bahan sensus barang milik daerah di Dinas sebagai bahan penyusunan Buku Inventaris dan Buku Induk Inventaris barang milik pemerintah daerah;
  • pendistribusian perlengkapan dan keperluan alat tulis kantor (ATK) pada Dinas;
  • menganalisa dan menyusun usulan penghapusan aset Dinas;
  • menyusun bahan pengajuan penetapan status untuk penguasaan dan penggunaan barang milik daerah yang diperoleh dari beban APBD dan perolehan lainnya yang sah;
  • melaksanakan pencatatan dan inventarisasi barang milik daerah yang berada dalam penguasaan Dinas;
  • menyusun usulan pemindahtanganan barang milik daerah berupa tanah dan/atau bangunan yang tidak memerlukan persetujuan DPRD dan barang milik daerah selain tanah dan bangunan;
  • melaksanakan urusan administrasi kepegawaian lingkup Dinas meliputi layanan administrasi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala (KGB), daftar urut kepangkatan (DUK), data pegawai, kartu pegawai (Karpeg), Karis/ Karsu, tunjangan anak atau keluarga, Askes, Taspen, taperum, pensiun, membuat usulan formasi pegawai, membuat usulan izin belajar, membuat usulan izin diklat, kesejahteraan pegawai, penyesuaian ijazah, usulan pemberian penghargaan, memberikan layanan Penilaian Angka Kredit (PAK) Jabatan Fungsional, pembinaan/teguran disiplin pegawai, membuat konsep usulan cuti pegawai sesuai aturan yang berlaku, membuat konsep pemberian izin nikah dan cerai, membuat usulan pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan, membuat dan atau mengusulkan perpindahan atau mutasi pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku, melaksanakan pengelolaan Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai (DP-3);
  • mengelola administrasi perjalanan dinas lingkup Dinas;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  • mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  • membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  • menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengontrol urusan penyusunan program, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program atau kegiatan, evaluasi dan laporan dari masing-masing bidang pada Dinas Komunikasi dan Informatika.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai fungsi :

  • perencanaan kegiatan perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program dan kegiatan, evaluasi dan laporan dari masing-masing bidang pada Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • pelaksanaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program dan kegiatan, evaluasi dan laporan dari masing-masing bidang pada Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • pembagian pelaksanaan tugas perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program dan kegiatan, evaluasi dan laporan dari masing-masing bidang pada Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Penyusunan Program dipimpin oleh seorang Kepala, mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • merencanakan kegiatan Sub Bagian Penyusunan Program pada Dinas;
  • menyusun bahan rencana strategik (RENSTRA) dan rencana kinerja (RENJA) dari masing-masing bidang;
  • mengumpulkan bahan RPJPD, RPJMD dan RKPD Dinas Pendidikan pada masing-masing bidang sebagai bahan penyusunan RPJPD, RPJMD dan RKPD Kabupaten;
  • menghimpun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) pada Dinas;
  • menghimpun, memaduserasikan dan mengolah perencanaan program dan kegiatan dari masing-masing bidang;
  • menghimpun dan mengolah bahan evaluasi program dan kegiatan Dinas;
  • mengumpulkan bahan-bahan LPPD tahunan dan LPPD lima tahunan dalam bidang kesehatan sebagai bahan penyusunan LPPD Tahunan dan LPPD lima tahunan kabupaten;
  • mengumpulkan bahan-bahan LKPJ akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • menyusun bahan laporan akuntabilitas kinerja Dinas sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Bupati;
  • menghimpun, mengolah, menganalisa, dan menyajikan data hasil kegiatan masing-masing bidang;
  • menyusun rekapitulasi bidang-bidang lingkup Dinas dalam penyusunan Laporan Kegiatan Tugas Pembantuan dari Pemerintah dan/atau Provinsi;
  • menyusun bahan persetujuan dan bahan penetapan urusan pemerintahan daerah kabupaten yang ditugaspembantuankan kepada pemerintah desa sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  • mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  • membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  • menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengontrol urusan administrasi keuangan pada Dinas Komunikasi dan Informatika.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Ayat (1). Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  • perencanaan kegiatan administrasi keuangan pada Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • pelaksanaan administrasi keuangan pada Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • pembagian pelaksanaan tugas administrasi keuangan pada Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala, mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • menyusun rencana kerja administrasi keuangan Dinas;
  • melaksanakan kegiatan administrasi keuangan selaku Pejabat Penatausahaan Keuangan di lingkup dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  • meneliti kelengkapan SPP-LS pengadaan barang dan jasa yang disampaikan oleh bendahara pengeluaran dan diketahui/ disetujui oleh PPTK;
  • meneliti kelengkapan SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU dan SPP-LS gaji dan tunjangan PNS dan PTT serta penghasilan lainnya yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran;
  • memverifikasi bukti-bukti SPJ dari para PPTK atas penggunaan dana GU;
  • meneliti dan atau memverifikasi setiap pengajuan SPP kegiatan dengan ketersedian anggaran serta pembebanan pada kode rekening;
  • menyiapkan SPM;
  • melaksanakan pengelolaan gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil dan PTT lingkup Dinas;
  • melakukan verifikasi harian atas penerimaan;
  • menyelenggarakan akuntansi keuangan yang meliputi akuntansi penerimaan kas, akuntansi pengeluaran kas, akuntansi aset tetap dan akuntansi selain kas;
  • menyusun laporan realisasi anggaran Dinas setiap bulan dan triwulan;
  • menyusun laporan neraca dinas setiap triwulan dan akhir tahun;
  • menyusun catatan atas laporan keuangan;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan lingkup tugas serta mencari alternatif pemecahannya;
  • mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  • membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  • menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Copyright © 2014. | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas. | All right reserved.